Total Tayangan Halaman

Jumat, 05 Agustus 2011

Medicine: Bupropion

Senin, 25/07/2011 11:56 WIB

Bupropion, Obat Anti Depresan untuk Berhenti Merokok

Putro Agus Harnowo - detikHealth

<p>Your browser does not support iframes.</p>


img
(Foto: thinkstock)
Jakarta, Deskripsi
Bupropion adalah obat antidepresi yang mempengaruhi bahan kimia dalam neurotransmitter. Neurotransmitter merupakan senyawa kimia dalam otak yang berfungsi mengirim pesan dari satu saraf ke saraf lain.

Banyak ahli percaya bahwa depresi disebabkan oleh ketidakseimbangan antara jumlah neurotransmiter yang dilepaskan dalam otak. Saraf dapat mendaur ulang neurotransmiter yang dilepaskan, proses ini disebut reuptake.

Bupropion bekerja dengan cara menghambat reuptake dopamin, norepinefrin, serotonin, serta tindakan yang mengakibatkan dopamin, serotonin, dan norepinefrin mengirimkan pesan ke saraf lainnya secara berlebihan.

Indikasi
Bupropion digunakan untuk mengatasi depresi berat dan gangguan Seasonal Affective Disorder (depresi yang terjadi terutama selama musim gugur dan musim dingin). Untuk perokok berat, obat ini dapat mengurangi gejala putus nikotin (withdrawal syndrome) antara lain cemas, pusing, sulit konsentrasi, insomnia, tekanan darah turun, dll.

Dosis

  1. Bupropion biasanya diberikan dalam satu, dua atau tiga dosis harian. Untuk tablet, dosis tunggal tidak boleh melebihi 150 mg dan diberikan dengan rentang waktu 6 jam.
  2. Untuk depresi, dosis tablet yang dianjurkan 3 kali sehari 100 mg (300 mg / hari), dosis maksimum 450 mg sehari. Dosis awal 100 mg dua kali sehari. Dosis dapat ditingkatkan sampai 100 mg 3 kali sehari setelah tiga hari.
  3. Dosis tablet untuk pemakaian awal dan berkelanjutan adalah 150 mg sehari; target dosisnya 150 mg dua kali sehari, dosis maksimum 200 mg dua kali sehari.
  4. Dosis tablet untuk pemakaian awal jangka panjang tablet 150 mg sehari, target dosisnya 300 mg sehari, dosis maksimum 450 mg sehari.
  5. Untuk menghentikan kebiasaan merokok, dosis bupropion biasanya dimulai dengan 150 mg sekali sehari selama tiga hari, dosis kemudian ditambah jika pasien mentolerir dosis awal. Umumnya kebiasaan merokok berhenti setelah dua minggu dimulainya terapi bupropion. Meskipun demikian, penggunaan obat ini belum banyak di Indonesia dan harus memakai resep dokter.

sumber: medicinenet


(ir/ir)

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Ass. Perkenankan saya untuk memohon maaf sebesar - besarnya jika apa yang saya ceritakan nantinya akan membuat anda tersinggung, sebelumnya perkenalkan nama saya Herlina Parawati, saya berasal dari Deli Serdang, saya seorang istri dari ibu 4 orang anak. Awalnya kehidupan keluarga saya sangatlah bahagia. Walaupun penghasilan suami saya hanya mampu mencukupi kebutuhan sehari - hari keluarga kami, saya sangatlah bersyukur dan tak lama kemudian alhamdulillah suami saya diberikan kenaikan jabatan oleh atasannya, kehidupan kami mulai menanjak naik dan kami berpikir untuk membuka usaha. Singkat cerita sekali lagi saya sangat bersyukur sebab usaha ayam bakar yang kami buat sangat laris sehingga mendatangkan keuntungan besar bagi kami sekeluarga. Untuk memperbesar usaha kami, saya dan suami akhirnya memberanikan diri untuk meminjam uang di bank,setelah itu saya mendirikan cabang warung ayam bakar saya di berbagai daerah di Indonesia. Dengan jumlah karyawan kurang lebih 150 orang. Semula perkembangan usaha kami cukup baik, namun setelah setahun kemudian usaha kami mulai meredup dan cabang cabang warung ayam bakar kami mulai tutup satu per satu. Akhirnya usaha kami bangkrut dan menyisakan utang bank yang sangat besar bagi kami sekeluarga. Habis Jatuh Tertimpa Tangga pula suami saya dipecat dan dipenjarakan akibat dituduh menggelapkan uang perusahaan. Akhirnya semua hutang bank dan biaya hidup saya tanggung sendiri membesarkan empat orang anak tanpa suami saya merupakan cobaan yang sangat berat bagi kehidupan saya. saya stres dan hampir memutuskan kejalan yag salah dengan mengakhiri hidup saya sendiri, dalam keterpurukan hidup saya, secara tidak sengaja saya membuka salah satu blog kesaksian dan membaca kolom komentar seseorang yg punya nasib yang sama dengan saya. Dalam komentarnya dia mengarahkan saya untuk menghubungi seorang guru yakni Kyai H. Achmad Mubarak yang membantunya keluar dari masalahnya. Saya mencoba menghubungi pak kyai dan alhamdulillah beliau bersedia membantu saya. Masyaallah berkat bantuan beliau akhirnya semua utang saya lunas dan saya mampu mendirikan usaha kembali , walhasil sekarang saya sudah memiliki aset dimana mana dan memiliki perusahaan yang mengeskpor hasil laut keluar negeri, Semua ini terjadi berkat Allah SWT lewat uluran tangan pak Kyai H. Achmad Mubarak yang begitu tulus dan baik dalam mengarahkan saya keluar dari masalah utang saya. Sebagai wujud Ungkapan rasa syukur dan terima kasih saya, saya akan memberikan nomor beliau kepada anda yang membaca cerita saya ini, jika saudara saudari memiliki masalah seperti saya silahkan hubungi beliau di nomor 0821 2545 0758. Semoga bermanfaat dan semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT. Amin yaa rabbal alamin. Allahu Akbar