Total Tayangan Halaman

Rabu, 03 Agustus 2011

Pariwisata: India: Wisata Religius

Liburan Wisata Religus di India

Selasa, 26 Juli 2011 - 12:53 wib
Pasha Ernowo - Okezone
Lumbini (Foto: Google)
Lumbini (Foto: Google)
INDIA terkenal memiliki sederet objek wisata favorit yang menakjubkan. Selain pengunungan dan kota-kota indah, para pencinta traveling yang ingin menghabiskan masa liburan bisa mengunjungi objek wisata religius yang terkenal seantero dunia.

Salah satu wisata religius yang banyak dikunjungi wisatawan adalah Lumbini, tempat lahir sang Budha Gautama. Bagi umat Budha, Lumbini menjadi salah satu tempat yang tidak boleh terlewatkan saat berkunjung ke India. Pasalnya menurut sejarah, sang Budha Gautama dilahirkan dalam keluarga kerajaan pada 556 SM di Lumbini, perbatasan India dengan negara Nepal.

Konon, kelahiran sang Budha Gautama diikuti dengan munculnya tanda-tanda seperti tumbuhnya Pohon Bodhi. Oleh Raja Ashoka, penguasa besar Budhis masa itu, didirikan sebuah stupa dan pilar untuk mengenang sang Budha Gautama.

Pembangunan stupa dilakukan setelah Raja Ashoka mengunjungi tempat kelahiran sang Budha dua abad kemudian. Meski sekarang ini keadaan stupa dalam keadaan hancur, namun tidak menyurutkan wisatawan untuk mengenangnya.

Selanjutnya Anda harus berkunjung ke Bodhgaya. Di sinilah sang Budha Gautama mencapai kesempurnaannya setelah melakukan tapa di bawah sebuah pohon Bodhi pada usia 29 tahun. Di kota ini pula terdapat kuil Mahabodhi yang dibangun pada abad ke-3 oleh Raja Ashoka. Informasi lain mengatakan, kuil tersebut dibangun antara abad ke-5 dan ke-7.

Setelah itu, Anda harus menyambangi Samath, di lembah Sungai Gangga India, tempat sang Budha mengajarkan keimanan dan aspek-aspek ke-Budhaan. Tempat ziarah lainnya yang banyak dikunjungi adalah Shravasti. Di kota ini sang Budha melakukan banyak mukjizat besar. Kota terpenting lainnya Sankashaya. Menurut kepercayaan umat Budha, sang Budha Gautama dipercaya diturunkan dari surga Tushita. Kota ini menjadi satu-satunya tempat ziarah penganut Budha yang tidak memiliki satu kuil maupun biara.

Nalanda juga menjadi tempat ziarah penting. Bukan karena diberkati dengan kehadiran sang Budha, tapi karena adanya universitas biara yang terkenal, Rajgir yang juga memiliki daya pesona tersendiri, sang Budha pernah datang dan mengajar.

Peristiwa penting kedatangan sang Budha ke Rajgir adalah saat sang Budha mewariskan dua muridnya, Sariputra dan Maudgalyayana. Konon, Sariputra dianugerahi kecerdasan luar biasa. Sedangkan Maudgalyayana berkuasa untuk melakukan mukjizat. Kushinagar juga menjadi pusat perhatian wisatawan khususnya umat Budha yang berkunjung ke India. Pasalnya, di sinilah sang Budha Gautama mencapai maha samadi.
(tty)

Tidak ada komentar: