Total Tayangan Halaman

Kamis, 14 Juli 2011

Otomotif Award 2008 (Mr. Testo Award)

Mr. Testo Awards 2008 (OTOMOTIF)

Majalah Otomotif telah menginjak 17 tahun, angka yang spesial bagi banyak orang. Maka dari itu salah satu programnya adalah membuat Mr. Testo Awards 2008 yang berupa penghargaan bagi motor-motor yang bisa dikatakan the best of… dalam berbagai kategori. Sebenarnya Otomotif memberikan penghargaan yang sejenis setiap tahun, namun karena ini 17 tahunnya Otomotif bolehlah kali ini kita anggap spesial.

Kategori yang diambil ada 17 seperti umur majalah ini, 17 tahun. Nah apalah dengan bertambahnya umur kategori yang diberikan bertambah? Nah, kalau umurnya sudah 50 tahun tentu sulit menentukan kategorinya, sampai-sampai mungkin ada kategori yang aneh-aneh, :-) )

Setiap kategori dibedakan menjadi tiga kategori utama: Sport, Bebek, dan Skutik-mewakili tiga jenis motor yang paling banyak beredar di Indonesia. Setiap kategori utama memuat lima subkategori yaitu Desain, Performa, price, Fitur & Teknolgi, dan Fuel Consumption. Selain itu ada dua kategori tambahan yaitu Rookie of the year dan New Species and Innovative Design.

Darimana pemenang-pemenangnya ditentukan? Katanya pemenang masing-masing kategori diberikan menurut hasil pengetesan selama kurun waktu Mei 2007 sampai Mei 2008. Berikut ini para pemenang Mr. Testo Awards:

  1. The best design kategori sport: Kawasaki Ninja 250
  2. The best design kategori bebek: Kanzen Supermoto 120
  3. The best design kategori skutik: Suzuki Skywave 125
  4. The best performa kategori sport: Yamaha Scorpio Z
  5. The best performa kategori bebek: Suzuki Satria F150
  6. The best performa kategori skutik: Suzuki Spin 125
  7. The best price kategori sport: Suzuki Thunder 125
  8. The best price kategori bebek: TVS Neo 110
  9. The best price kategori skutik: Kymco Libero
  10. The best fitur & teknologi kategori sport: Bajaj Pulsar 180
  11. The best fitur & teknologi kategori bebek: Honda Supra X125 PGM-Fi
  12. The best fitur & teknologi kategori skutik: Honda Vario
  13. The best fuel consumption kategori sport: Honda Megapro
  14. The best fuel consumption kategori bebek: Yamaha Vega R
  15. The best fuel consumption kategori skutik: Honda Vario
  16. Rookie of the Year: Yamaha V-Ixion
  17. New Species and Innovative Design: Honda CS-1


OK kita berikan selamat bagi para pemenang!!!

Eiittt!!! Tunggu dulu ada yang patut dipertanyakan dari penghargaan ini. Pertama, meski disebutkan bahwa para pemenang diambil dari pengetesan dari kurun waktu bla…bla…bla…mengapa tidak disebutkan dengan gamblang mana saja yang menjadi nominasi masing-masing kategori. Bingung aku melihat Honda Megapro yang dianugerahi the best fuel consumption, katanya konsumsi bensin 50,3km/l, rasa-rasanya saya pernah membaca komparasi Megapro Vs tunder vs Pulsar (kalau tidak salah) dan konsumsi bensin teririt dipegang Thunder, hanya saya sudah lupa. Saya tidak berhasil mendapat datanya, ada yang punya. Juga soal the best price, apakah kriteria penilaian hanya soal harga yang paling murah atau dibandingkan dengan fitur dll? Soal Honda CS1 yang mendapat penghargaan soal Innovatice Design, apakah desain paling inovatif tidak bisa masuk ke the best desain. kanzen Supermoto yang mendapat predikat the best design karena dianggap berbeda konsep dengan motor lain apakah tidak bisa dibilang inovatif? Atau karena ada embel-embel new species maka Kanzen Supermoto tidak bisa mendapat penghargaan New Species and Innovative Design? Soal kata “new species” kok terasa iklan sekali, apa karena Honda menyebut CS1 sebagai “new species”? Apakah kalau Mr. Testo Awards diadakan lagi tahun depan dan kategori ini masih tetap ada, apa ada motor lain yang bisa dianggap memenuhi?

Akan lebih baik bila Mr. Testo Awards dilengkapi dengan nominator plus kriteria yang jelas, akan lebih baik bila data-data diberikan secara jelas. Juga anda perhatikan soal para pemenang yang tidak ada satupun yang merebut lebih dari satu kategori.

Diambil dari: http://fanderlart.wordpress.com/2008/05/09/mr-testo-awards-2008-otomotif/

Tidak ada komentar: